× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Nasrul Abit Lantik Wako Solok Sebagai Pembimbing Kwarcab Pramuka Kota Solok

Jumat, 09 April 2021
Nasrul Abit Lantik Wako Solok Sebagai Pembimbing Kwarcab Pramuka Kota Solok
Nasrul Abit menandatangani naskah pelantikan Ketua Mabi Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Solok

MINANGKABAUNEWS, SOLOK -- Mantan Wakil Gubernur Sumatera Barat dan juga Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Provinsi Sumatera Barat Nasrul Abit melantik Walikota Solok Zul Elfian Umar sebagai Ketua Pembimbing Majelis Pembimbing (Mani) Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Solok masa Bhakti 2021-2026, Kamis (8/4/2021) di gedung Kubuang Tigo Baleh.

Ditemui MinangkabauNews.com usai prosesi pelantikan Ketua Mabi Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Solok, Nasrul Abit mengatakan Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka adalah suatu badan dalam Gerakan Pramuka yang memberi bimbingan, bantuan moril, organisatoris, material dan finansial kepada Kwartir Nasional, Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Kwartir Ranting, dan Gugus Depan Gerakan Pramuka.

"Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka dalam melaksanakan fungsi bimbingan, batuan moril, organisatoris, materiil dan finansiil kepada SAKA/Gudep/Kwartir sesuai kebutuhan jajarannya, wajib melaksanakan koordinasi secara periodik dengan jajarannya masing-masing," ujarnya.

Dijelaskan Nasrul Abit, Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka yang berkedudukan di tingkat nasional, disebut Majelis Pembimbing Nasional (MABINAS). Di daerah, disebut Majelis Pembimbing Daerah (MABIDA). Di cabang, disebut Majelis Pembimbing Cabang (MABICAB). Di ranting, disebut Majelis Pembimbing Ranting (MABIRAN). Di gugus depan, disebut Majelis Pembimbing Gugus Depan (MABIGUS). Di desa/Kelurahan, disebut Majelis Pembimbing Desa (MABISA). Dan di Satuan Karya Pramuka, disebut Pembimbing Saka (MABISAKA).

"Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka yang diangkat dan telah dilantik sekurang-kurangnya telah mengikuti Kursus Orientasi Gerakan Pramuka," jelasnya.(kar)

Editor/Sumber: Indra Gunawan

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber