× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Wawako : Tahun 2012, Padang Menuju Kota Bersih dan Hijau

Jumat, 22 Juli 2011
Wawako : Tahun 2012, Padang Menuju Kota Bersih dan Hijau

Padang, MinangkabauNews -- Wakil Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah,SP menjelaskan bahwa setiap SKPD bertanggung jawab dalam pelaksanaan isi Perwako dan dalam pelaksanaannya berkoordinasi dengan Sekda dan Asisten II, terutama dalam hal peningkatan peran serta SKPD, PNS, Masyarakat, Peningkatan sarana dan prasarana kebersihan, dan Peningkatan pengelolaan sampah organik dan an-organik.

"Menjadikan Kota Padang Bersih dan Hijau adalah kebutuhan kita bersama, bukan hanya untuk meraih Adipura. Ketika kita telah bisa mewujudkan Padang menjadi kota bersih dan hijau dengan sendirinya penghargaan Adipura akan kita raih," ujar Mahyeldi saat sosialisasi Perwako No.15 tahun 2011 di Ruang Sidang Balai Kota, Kamis (21/7).

Perwako tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran serta SKPD, PNS dan warga masyarakat Kota Padang dalam mewujudkan Kota Padang yang bersih dan hijau, memberikan arahan kepada SKPD dalam penyusunan kegiatan dan penganggaran yang dapat menunjang pencapaian Kota Padang yang bersih dan hijau, serta mewujudkan budaya bersih bagi seluruh warga Kota Padang.

"Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menimbulkan rasa sensitivitas diri sendiri terhadap kebersihan lingkungan. Peduli terhadap sampah dan penghijauan tentunya juga akan mewujudkan hidup sehat," tambahnya lagi.

Adipura dicanangkan di Kota Bukittinggi tahun 1984 oleh Menteri Lingkungan Hidup saat itu Prof. Emil Salim pada acara pertemuan APEKSI dan mulai dilombakan pada tahun 1986. Awalnya Adipura merupakan penghargaan di bidang kebersihan tapi saat ini penghargaan Adipura berkembang menjadi penghargaan untuk Manajemen Kota/Kab di bidang pengelolaan lingkungan dan K3.

Setelah meraih 17 kali penghargaan sejak dilombakan, Kota Padang terus berbenah untuk mewujudkan Kota Padang Bersih dan Hijau, hal tersebut didukung dengan Peraturan Walikota Padang (Perwako) Nomor 15 Tahun 2011 tentang Rencana Aksi Daerah Menuju Kota Padang Bersih Dan Hijau.

Editor/Sumber:

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber