× Home Terkini Hot Topic Terpopuler Kategori Tag Berita Foto Video

Ramadhan Mendidik Umat

Rabu, 10 Agustus 2011
Ramadhan Mendidik Umat

Padang, MinangkabauNews -- Ramadhan memberikan pelajaran pendidikan bagi umat, betapa hidup harus disyukuri dan kesyukuran dimanifestasikan dalam wujud membangun hubungan dengan Allah dan manusia.

"Hubungan kepada Allah, melaksanakan ibadah yang diperintahkannya, sedangkan kepada manusia berbagi dan peduli bersama," kata Wakil Walikota Padang, H.Mahyeldi Ansharullah tadi malam.

Kehadiran Ramadhan dapat pula meningkatkan pelayanan terhadap masayrakat, mendidik keluarga, menghormati jiran tetangga, serta tata cara pergaulan hidup di masyarakat.

Oleh karenanya, jangan sampai Ramadhan hadir tidak memberikan kesan positif, terutama terhadap perilaku dan keseharian untuk menghargai satu dengan yang lainnya.

Mahyeldi menyatakan, seseorang yang menjalankan Ramadhan dengan baik, tentu tidak dibenarkan lagi menyimpan benih-benih permusuhan.

Saling iri, dengki, khianat, sombong, menyepelekan orang lain, serta berbagai sifat tercela lainnya, semuanya harus dihilangkan dengan Ramadhan.

"Kalau sifat tersebut masih bersemayam dalam diri kita, maka akan sia-sialah Ramadhan yang kita laksanakan, karena tidak mampu merubah diri kita untuk berbuat kebaikan," kata Mahyeldi.

Sebab, kesuksesan seseorang, sesungguhnya diukur dari seberapa kemampuannya mempersiapkan generasi keturunannya menjadi manusia yang berguna bagi agama dan bermanfaat bagi manusia lainnya.

Sementara itu, Wardas Tanjung, menguraikan penghuni neraka salah satunya adalah mereka yang tidak mampu menahan lidahnya dari perkataan kotor, memfitnah dan membuka aib saudaranya.

Hal-hal menahan diri terhadap perbuatan sia-sia tersebut diajarkan dalam Ramadhan, karenanya bila masih dilakukan maka ibadah puasa orang yang bersangkutan tidak memiliki nilai di sisi Allah SWT.

Ia mengatakan, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga dalam melayani suami dan mengurus anak serta mengatur kebutuhan rumah tangga, merupakan ladang amal tersendiri yang mempunyai nilai besar jika dilakukan ikhlas.

Editor/Sumber:

facebook twitter whatsapp linkedin pinteret email
REKOMENDASI
Selengkapnya

TERPOPULER
FOLLOW US
Redaksi Disclaimer Karir Info Iklan Logo Kontak Pedoman Media Siber